Latest Post :
Home » , , , , , , , » Jaga Keutuhan Empat Pilar Utama Bangsa

Jaga Keutuhan Empat Pilar Utama Bangsa

{[['']]}
Bercermin dari era globalisasi, kemajuan teknologi dan perkembangan jaman yang sangat pesat dapat memberi efek samping negatif maupun positif pada persaingan antar Negara. Alhasil dampaknya mengenai umat manusia, terutama pemuda yang merupakan cikal bakal pemimpin bangsa dan agama.
Namun saat ini peranan pemuda mulai luntur dan tersisih bahkan hampir terabaikan. Hal ini ironis sekali mengingat generasi penerus harapan bangsa seharusnya mampu mengisi kemerdekaan, memobilisasi pembangunan nasional, dan menjaga keutuhan Republik ini. Oleh karena itu, untuk menjaga ruh kemerdekaan bangsa diperlukan sikap mental dan pembinaan pada kaum muda agar mampu mengembangkan karakter dan potensi untuk meneruskan pembangunan.
Fenomena wawasan kebangsaan yang luntur tersebut mampu menggerogoti Negara, sedangkan menjadi bangsa yang mandiri dan kuat adalah hal yang sangat mungkin untuk Negara. Bahkan cita-cita bangsa tersebut terkandung dalam Proklamasi Kemerdekaan 17 Agustus 1945 dan pembukaan UUD 1945. Selain itu, proklamasi kemerdekaan juga telah menghidupkan kembali cermin pribadi bangsa Indonesia dalam artian luas.
Berdasar keinginan untuk berperan aktif dalam mengisi kemerdekaan maka diperlukan pelestarian empat pilar utama kebangsaan :
·         pilar pertama Pancasila. Sebagai dasar Negara, Pancasila menjadi pondasi tegaknya Negara. Sebagai pedoman hidup bangsa, Pancasila menjadi cermin nilai-nilai yang tertanam dalam sanubari. Sebagai ideologi, Pancasila menjadi arah dan pelita pembangunan kehidupan bangsa.
·         pilar kedua UUD RI 1945. Sebagai konstitusi Negara, UUD 1945 menjadi acuan penyelenggaraan sistem nasional. Selain itu, UUD 1945 sebagai landasan pelaksanaan program pembangunan nasional.
·         pilar ketiga Bhinneka Tunggal Ika. Yang merupakan semboyan juga prinsip hidup berbangsa tentang keragaman yang membentuk satu kesatuan bangsa. Karenanya kita harus mengamalkan dengan cara pandang kita agar sebagai bangsa dapat terhindar dari upaya pemecah belahan Bangsa Indonesia.
·         pilar keempat NKRI. Yang sudah termaktup dalam UUD 1945 pasal 37 ayat (5) bahwa bentuk Negara Kesatuan Republik Indonesia tidak dapat diubah.

Untuk menjaga empat pilar utama bangsa pemerintah telah mempersiapkan program beken yang mampu mencetak khalifah muda-mudi yang handal. Program unggulan tersebut adalah:
Pendidikan karakter
Karakter merupakan ciri khas unik yang menjadi cermin konteks suatu lingkungan, karena karakter terbentuk dari lingkungan social budaya tertentu. Sehingga perlu adanya pendidikan karakter untuk melahirkan kembali identitas bangsa Indonesia yang abadi.
Pendidikan moral
Pendidikan adalah upaya untuk memicu pertumbuhan budi pekerti serta pikiran anak. Tujuannya untuk mengembangkan potensi peserta didik agar bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia. Selain itu, penanaman moral sangat diperlukan sebagai benteng pengaruh negatif era global dan melestarikan nilai-nilai Indonesia yang luhur.

Kedua hal tersebut sangat penting untuk melahirkan kembali nilai –nilai nasionalisame yang telah luntur di kalangan remaja dan menghilangkan sikap individualisme dan kurang peduli terhadap sesama. Semoga berbekal dari pendidikan karakter dan pendidikan moral, generasi pemuda mendapat
modal kuat untuk menghadapi turbin kehidupan yang berputar sedemikian cepatnya dan
menjadikan anak SMAKER sebagai “BEST OF THE BEST” dalam segala hal positif.
Share this article :

+ komentar + 1 komentar

16 Februari 2016 pukul 15.36

nah ini nih yang penting karena kebanyakan orang tua zaman sekarang terlalu memberikan kebebasan kepada anaknya tanpa mau menerapkan kedua hal di atas seperti pendidikan karakter dan moral. thanks gan udah share

Posting Komentar

 
Support : Arteri's Blog
Copyright © 2011. Arteri's Blog - All Rights Reserved
Template Edited by Arbi Article by Binteri
Proudly powered by Blogger